Resep Rahasia Cara Membuat Bolu Kukus Mekar Sempurna

Bolu kukus merupakan salah satu aneka kue bolu yang di sajikan dengan cara yang unik. Menggunakan alas kertas roti yang di kukus mekar merekah dengan indah. Bolu kukus sudah terkenal seantero nusantara. Bolu kukus sudah mempunyai banyak penggemarnya. Dari kalangan muda sampai tua.

Kelembutan bolu kukus, serta testurnya yang empuk menjadikan bolu kukus sangat istimewa bagi para pecinta bolu kukus. Semakin berkembangnya zaman serta semakin banyak orang-orang yang kreatif, menjadikan bolu kukus kini sudah sangat tenar dengan aneka varian rasa maupun bentuk bolu kukus.

Bagi anda yang sangat suka sekali dengan bolu kukus, tak salah rasanya jika anda mengikuti saran kami untuk mencoba membuat bolu kukus sendiri di rumah. Anda tidak usah khawatir. Karena sharesepkue kini mempunyai tips, trik, dan rahasia resep bolu kukus dan cara membuat bolu kukus agar mekar merekah sempurna.

Resep bolu kukus ini sangat sederhana sekali. Namun, sesederhana resep bolu kukus ini rasa dari resep bolu kukus sangatlah enak, lembut, empuk, serta sangat maknyus sekali. Ini bisa anda coba nanti saat mencicipi bolu kukus mekar ini dengan Resep Rahasia Cara Membuat Bolu Kukus Mekar Sempurna dari resep sharesepkue.

Rasa bolu kukus yang enak, cara membuat bolu kukus mekar yang sederhana, tunggu apa lagi untuk anda coba membuat bolu kukus mekar sempurna di rumah? Di bawah ini nanti, sharesepkue akan jelaskan lebih lengkap bagaimana resep bolu kukus yang meliputi bahan yang di butuhkan serta langkah-langkah cara membuat bolu kukus mekar sempurna. Silahkan anda simak.
Resep Bolu Kukus Mekar
Bahan yang di butuhkan untuk membuat bolu kukus mekar :

  • 2 butir telur
  • 185 gram gula pasir
  • 1/2 sendok makan emulsifier (sp/tbm)
  • 275 gram tepung terigu protein sedang
  • 1/2 sendok teh baking powder
  • 225 ml soda tawar atau sprite
  • 1/2 sendok teh esens vanili
  • 1 tetes pewarna merah muda
  • 1 tetes pewarna hijau muda
  • Pewarna bolu kukus bisa anda sesuaikan sesuai selera anda. Boleh warna merah, hijau, pink, kuning, maupun coklat.


Cara Membuat Bolu Kukus Mekar Sempurna :

  1. Untuk persiapan pertama-tama pastikan anda mempunyai cetakan bolu kukus yang berbentuk seperti cetakan muffin. Biasanya cetakan bolu kukus terbuat dari aluminium dan mempunyai banyak lubang.
  2. Kemudian berilah 1 atau 2 lembar kertas cup di setiap cetakan bolu kukus. Satu lembar biasanya untuk bolu kukus ukuran kecil. Dua lembar atau rangkep untuk bolu kukus besar. Ini berguna agar nanti tidak sobek saat terkena uap air. Pastikan juga ukuran kertas cup bolu kukus anda mempunyai tinggi yang sama dengan cetakan yang anda gunakan untuk membuat bolu kukus mekar sempurna ini.
  3. Lalu siap kan dandang atau tempat untuk mengukus adonan bolu kukus dengan mengisi air kedalam dandang secukupnya. Salah satu rahasia agar bolu kukus mekar sempurna adalah pemberian air jangan sampai menyentuh bagian saringan dandang.
  4. Persiapan sudah, langkah selanjutnya adalah membuat adonan. Pertama, kocok telur, gula pasir, dan emulsifier 3 menit sampai kaku. Boleh pakai mixer, boleh pakai kocokan manual. Salah satu rahasia membuat bolu kukus mekar sempurna adalah saat mengocok adonan, usahan satu arah terus. Kalau memutar ke kanan, berarti ke kanan terus.
  5. Lalu masukkan tepung terigu dan baking powder sambil bergantian dengan minuman bersoda tawar sambil diayak dan dikocok perlahan. Tambahkan esens vanili. Aduk rata sampai benar-benar tercampur sempurna hingga adonan menjadi kental, mengembang dan berwarna putih.
  6. Selanjutnya siapkan 2 mangkok untuk pembagian warna. Jumlah mangkok sesuai jumlah pewarna yang akan anda gunakan dalam membuat bolu kukus mekar ini.
  7. Setiap mangkok beri 50 gram adonan dari adonan putih. Tambahkan pewarna, kemudian aduk rata hingga warnanya tercampur sempurna. Lakukan kembali sesuai jumlah pewarna yang akan anda gunakan dalam membuat bolu kukus mekar ini. Kemudian untuk sisanya biarkan putih sebagai adonan dasar.
  8. Sendokkan adonan putih ke cetakan bolu kukus yang sudah dilapisi kertas roti atau kertas cup. Kemudian tambahkan adonan merah muda atau adonan hijau muda di atasnya sesuai keinginan anda. Tambahan warna dalam satu cetakan bolu kukus boleh 1 / 2 warna. Lakukan sampai adonan habis.
  9. Jika anda hanya memiliki beberapa cetakan saja, anda tidak usah khawatir. Anda bisa menggilir cetakan adonan bolu kukus. Semisal anda hanya mempunyai 6 cetakan saja. Yasudah, ronde pertama kukus 6 adonan cetakan dalam dandang. Setelah matang, bolu kukus mekar siap di pindah ke piring terlebih dahulu, kemudian anda menuangkan adonan ke cetakan lagi, kukus lagi. Dan seterusnya. Mudah sekali kan.
  10. Kemudian, jangan lupa beri serbet pada tutup dandang anda agar uap air tidak menetes ke cetakan. Hal ini di karenakan jika cetakan terkena tetesan air yang terbanyak, adonan resep bolu kukus mekar tidak akan mekar sempurna.
  11. Mengukus adonan bolu kukus di lakukan di atas api besar sekitar 20 menit sampai matang. Tunggu sampai benar-benar matang dan mekar sempurna ya.
  12. Jika sudah matang semua, bolu kukus mekar lembut empuk siap anda sajikan untuk orang tercinta anda.
  13. Untuk bahan-bahan di atas, bisa menjadi 15 buah bolu kukus. Ini bisa berubah semakin sedikit atau banyak sesuai ukuran cetakan bolu kukus anda. Semakin kecil cetakan bolu kukus anda, berarti memungkinkan bisa menjadi 15 lebih. Jika ukurannya besar, bisa jadi semakin sedikit.
  14. Anda juga bisa membuat bolu kukus mekar dalam jumlah banyak dengan menggunakan Resep Rahasia Cara Membuat Bolu Kukus Mekar Sempurna. Tinggal dilipatkan saja bahannya. Misal jika satu adonan menggunakan 2 buah telur, berati jika anda ingin membuat dua adonan, anda membutuhkan 4 buah telur. Begitu seterusnya. Jangan lupa jika menggandakan adonan, siapkan tempat yang lebih besar saat memixer. Agar tidak tumpah.


Demikianlah resep bolu kukus mekar yang paling sederhana, praktis dan mudah. Pastinya dengan rasa yang enak, lembut, dan empuk. Semua rahasia resep cara membuat bolu kukus sudah terungkap. Jadi, sudah tidak ada lagi alasan untuk tidak mencoba resep bolu kukus mekar sempurna ini.

Terima kasih bagi anda yang setia untuk terus membaca dan mencoba resep aneka kue sharesepkue. Terus kunjungi resep aneka kue sharesepkue untuk mengetahui secara lengkap bagaimana cara membuat kue yang benar, enak, dan praktis. Semuanya sudah terangkum dalam resep kue sharesepkue.com

Semoga apa yang telah kami bagikan pada kesempatan kali ini, dalam Resep Rahasia Cara Membuat Bolu Kukus Mekar Sempurna ini bisa menginspirasi anda semua dalam membuat bolu kukus mekar merekah sempurna yang dijamin sangat spesial sekali. Spesial untuk anda pembaca sharesepkue.

Selamat mencoba resep bolu kukus mekar sempurna ini di rumah anda semuanya. Pastinya di rumah anda masing-masing, tanpa ada kekhawatiran takut gagal atau takut tidak jadi. Jangan takut mencoba ya. Maaf jika ada salah kata. Sampai jumpa di resep kue selanjutnya :))
Sumber : sharesepkue