Resep Cake Lava Tanpa Mixer Dan Oven

Cake lava atau molten chocolate cake adalah personal cake yang memiliki ciri khas lumer didalam. Jadi ketika kita membelah cake lava ini akan keluar lelehan coklat dari dalam cake menyerupai lava ketika gunung merapi meletus. Cake lava ini memang unik, tampilannya yang beda dari cake biasanya membuat cake lava memiliki banyak penggemar.

Cara membuat cake lava yang mempunyai nama lain volcano cake dan chocolate fondant cake ini sangat mudah, praktis dan simple namun tasty. Kenapa disebut resep cake lava yang praktis dan mudah? Jawabannya karena dari bahan-bahan yang digunakan super simple. Serta cara membuat cake lava ini yang tidak perlu menggunakan mixer dan oven. Cocok bagi para pemula yang sedang berlajar membuat aneka kue/cake, brownies atau bolu pilihan.

Berbicara resep cake lava, cake ini sebenarnya bisa diolah dengan 2 versi yaitu dengan cara di panggang/oven dan dikukus. Nah, karena dalam resep molten chocolate ini tanpa oven jadi kita akan menggunakan metode dikukus. Berkembangnya jaman, aneka olahan resep cake lava pun bermunculan. Dar cake lava yang tidak menggunakan isian cokelat. Serta resep molten chocolate cake lava tanpa terigu yang terkenal dengan nama flourless cake.

Walaupun resep cake lava tanpa mixer dan oven ini dibilang gampang dibuat sendiri dirumah. Namun ada tricky atau trik yang harus dijalankan untuk hasil kue lava yang moist dan lelehan cokelat yang sempurna. Caranya mudah, anda cukup memperhatikan waktu pemanggangan dan pengukusannya saja. Karena jika pemanggangan atau pengukusan kurang lama, maka bagian luar cake lava belum set hingga bagian dalam cake akan mrembes ke luar cake alias over basah.

Kemudian bila pemanggangan atau pengukusan cake terlalu lama, maka bagian dalam cake akan matang dan tidak akan menghasilkan lelehan cokelat ketika dinikmati. So bagi anda yang menggunakan oven, kenali oven yang digunakan. Nah, bagi anda yang menggunakan kukus harus cermati time yang digunakan agar hasilnya seperti yang diharapkan.

Berikut kami bagikan Bahan-bahan dan Cara Membuat Cake Lava Tanpa Mixer Dan Oven rumahan yang wajib dicoba seperti dibawah ini. Nikmati cake chococlate lava dengan segarnya Resep Es Serut Khas Korea a.k.a Patbingsu Segar agar lebih makyus.

Bahan-bahan Molten Chocolate :

  • Tepung terigu protein rendah 1 1/2 sendok makan
  • Telur 1 butir
  • Butter 40 gram
  • Dark cooking chocolate 20 gram
  • Coklat bubuk 1 sendok makan
  • Susu kental manis cokelat 1 sendok teh
  • Gula pasir 1 sendok teh

Bahan Toping Atau Taburan Cake :

  • Gula halus secukupnya
  • Remukan kacang secukupnya (optional)

Cara Membuat Cake Lava kukus :
  1. Langkah awal lelehkan Dark cooking chocolate dan butter dengan cara di tim, sisihkan.
  2. Selanjutnya panaskan panci kukusan lalu oles cup dengan margarin. Kemudian simpan di freezer (yang bertujuan agar cake tidak lengket).
  3. Setelah itu ayak terigu dan coklat bubuk, sisihkan.
  4. Langkah selanjutnya kocok telur dan gula dengan garpu hingga larut, tambah terigu sedikit demi sedikit sambil diaduk dengan whisk atau garpu agar bahan-bahan merata.
  5. Tambahkan SKM (susu kental manis coklat) dan butter, aduk kembali hingga rata.
  6. Tuang ke dalam cup yang sebelumnya sudah di olesi dengan sedikit margarin, kukus selama 5 menit, angkat.
  7. Balikkan cupnya, lalu taburi cake dengan gula halus dan remukan kacang.
  8. Resep Cake Lava Tanpa Mixer Dan Oven Praktis siap untuk dinikmati.
Sumber : resepasik