Step By Step Cara Membuat Mie Terbang Jogja Anti Gravitasi Yang Ngehits Di IG

Akhir-akhir ini media sosial khususnya di Instagram di gegerkan dengan munculnya mie terbang. Bukan sulap bukan sihir, mie terbang ini dapat melayang layang hingga mendarat di kota Jogja. Wow sangat mengagumkan dan unik bukan? Mie bisa melayang di atas piring saji disebuah kedai Makan Minum Chinese Spesialist.

Disana banyak menyediakan masakan Chinese Food seperti Fuyunghai, Capcay, kwetiau, menu Mie Hot Plate dan mie terbang dengan harga yang bervariatif. Entah muncul ide dari mana adanya resep mie terbang ini. Yang jelas keberadaannya membuat semua orang ingin mencoba sensasi mie terbang yang lagi ngehitz dan populer di Yogyakarta.

Usut punya usut terciptanya resep mie terbang berawal dari banyaknya orang yang suka selfie saat makan masakan mie dengan sumpit, garpu atau sendok. Sumpit atau alat makan lainnya yang di pegang ditangan seolah membuat mie melayang. Dengan ini muncullah ide kreatif yang membuat masakan mie seolah nampak seperti terbang tanpa tali atau penyangga apapun yang membuat mie ini seakan siap melayang sendiri ke mulut.

Sebenarnya tampilan dan rasa mi terbang tidak jauh beda dengan olahan bakmi goreng atau bakmie kuah pada umumnya. Yaitu sama-sama di masak dengan bumbu seperti bawang merah, bawang putih dan cabai. Yang kemudian diberi tambahan sayur-sayuran, daging ayam, daging sapi atau seafood seperti udang dan cumi-cumi. Lalu kenapa bisa terbang ya?mie terbang melayang
Pengin Selfie Dengan Gaya Seperti Ini? Yuk dibuat Mie Melayangnya!
Bagi yang belum tahu trik dan step by step cara membuat mie terbang anti gravitasi ini pasti akan terheran-heran, berfikir dan bertanya-tanya dalam hati. Bagaimana sih rahasia mie terbang ini? Eit, jangan berfikir keras dulu ya bun, nanti migren lagi πŸ™‚ hehehe. Sebenarnya cara buat mie terbang yang sering disebut mie melayang / flying noodle ini tergolong cukup mudah

Hanya dengan bermodal alat pemberat untuk ditaruh di atas piring saji seperti kentang, timun, wortel atau bahan apapun yang bisa untuk pemberat. Nah karena pas bikin mie terbang ala Jogja di dapur sedang tidak ada timun, kentang dan wortel, jadi saya pakai potongan apel merah. Yah kalau darurat mah ya apapun jadi ya bun. Asalkan ide di dalam kepala tersalurkan, walaupun dengan bahan seadana alias ala kadarnya.
Setelah itu ambil 2 tusukan sate lalu tusuk di tengah-tengah bahan pemberat tadi (apel). Ambil garpu lalu sela-sela garpu tersebut masukkan ke dalam tusukan sate. Dengan cara sederhana seperti ini trik magig agar mie bisa terbang sudah siap di gunakan. Tak disangka ya, rahasia mie terbang Jogja yang kini mulai populer di Jakarta, Surabaya, dan di Medan sangat simple dan mudah untuk di pratekkan.

Menurut saya kalau pakai garpu untuk membuat penyangga nya cukup mudah. Berbeda dengan penyangga yang menggunakan sumpit. Menurut saya trik nya lumayan ribet dan sampai bikin keringat panas dingin mengucur atur posisi agar sumpit tidak jatuh ketika ditimpa mie. Cara buat peyangga mie terbang sumpit hampir sama dengan peyangga untuk garpu tadi. Yaitu sama-sama menancapkan 2 buah tusuk sate ke bahan pemberat seperti timun, kentang, dan wortel tadi.

Hanya bedanya tusukan sate dibuat silang guna untuk cagak atau tumpuan sumpit. Pastikan tusukan satenya kokoh lalu letakkan kedua sumpit diatas tusuk sate yang posisinya menyilang. Kalau ragu-ragu akan kekokohannya, bisa diikat terlebih dahulu tusuk sate dan sumpitnya dengan benang, dan pastikan posisi sumpit diatas tusuk sate tersebut sudah kokoh dan dalam posisi benar. Kemudian baru deh masak mie goreng/bakmi goreng, Bihun goreng atau kwetiau goreng sesuai selera, lalu susun olahan mie tersebut sampai menutupi alat penyangga.

Nah, tadi saya cuma buat mie goreng instan saja lalu saya racik jadi mie terbang dengan bahan ala kadarnya. Kalau ingin special bisa masak mie goreng andalan sesuai selera ya. Pakai olahan mie di Resep Mie Goreng Special Enak Komplit juga oke. Yuk langsung saja di simak step by step cara membuat mie terbang yang wajib untuk dicoba biar tidak kudet :D.

Begini Alat, Bahan-bahan dan Cara Membuat Mie Terbang Homemade super gampang yang bisa dibuat di rumah kapan saja. Mari di simak..
Bahan-bahan :

  • Mie goreng instan 2 bungkus
  • Telur ayam 1 butir
  • Cabai rawit 5 buah / sesuai selera
  • Caisim atau kol secukupnya (jika suka)

Alat Rahasia Mie Terbang :

  • Kentang/timun/wortel yang agak besar (saya pakai buah apel)
  • Tusuk sate 2 buah
  • Garpu 1 buah

Bahan Pelengkap :

  • Kerupuk udang
  • Bawang merah goreng
  • Telur puyuh rebus
  • Acar mentimun 2 sendok makan (jika suka)
  • Bakso daging
  • Sosis dan kornet

Step by Step Cara Membuat Mie Terbang :

  1. Langkah pertama siapkan piring saji, kemudian ambil 1 potongan bahan pemberat seperti kentang, timun atau wortel (bisa pakai apel kaya saya) lalu letakkan di atas piring. Tancapkan 2 buah tusukan sate ke tengah bahan pemberat, lalu ujung tusuk sate dimasukkan kesela-sela garpu yang ada diposisi pinggir pada sisi kanan dan kiri garpu, masing-masing sisinya dimasukki oleh ujung tusuk satenya sampai terasa rapat dan pastikan tidak akan lepas).
  2. Selanjutnya masak mie goreng instan sesuai petunjuk kemasan bersama telur, cabai dan sayuran. Mie nya jangan dipotong-potong ya. Biarkan panjang saja mie nya, soalnya ini yang membantu untuk menutupi garpu dan tusuk sate. Tata mie sampai rapih dan melayang, lalu sajikan dengan bahan pelengkap.
  3. Taraaaa, jadi deh mie terbangnya. Mudah bukan?
  4. Yang belum pernah buat kreasi mie terbang, segera dibuat ya bun. Anak-anak pasti suka dan terkejut akan adanya mie melayang layang di udara ini. Kami sengaja memberikan resep mie terbang sederhana bertujuan agar mudah di pratekkan. Sekarang kan sudah tahu trik melayang ala mie terbang Jogja ya, jadi mulai sekarang bisa kreasikan hasil masakan mie bunda jadi mie terbang yang kekinian dong. Asikkk, jadi tak perlu ke Jogja dong ya πŸ™‚
Sumber : resephariini