Resep Ayam Goreng Mentega Praktis

Ayam goreng mentega merupakan salah satu menu masakan sehari-hari yang mudah dibuat dan praktis. terbuat dari bahan dasar ayam dengan ditemani saus mentega yang lezat begitu menggigit dilidah. maka tak aneh lagi bila ayam goreng mentega menjadi masakan favorit banyak orang. ayam goreng mentega praktis paling enak disantap dengan nasi putih hangat dan di lengkapi aneka tumisan seperti cah kol, cah kangkung ataupun cap cay.

Saat bulan Ramadhan tiba, olahan ayam goreng mentega ini cocok sekali disajikan saat sahur dan berbuka puasa. bahkan ayam goreng mentega seringkali menjadi menu sahur yang enak dan praktis karena pembuatannya yang mudah dan tidak memakan waktu yang cukup lama. selain menggunakan ayam sebagai bahan bakunya, olahan saus mentega ini enak juga bila disandingan dengan udang, cumi ataupun kepiting loh. makanya kita sering melihat menu udang saus mentega, cumi masak saus mentega atau kepiting saus mentega ini di aneka masakan seafood kaki lima maupun resto.

Oh iya, karena ayam goreng mentega ini memakai margarin atau mentega, jadi harus segera disantap sesaat setelah matang ya. soalnya bila dibiarkan terlalu lama, margarin atau menteganya menjadi keras kembali. jadi untuk menyiasati bila tidak langsung habis ketika disantap maka ayam goreng menteganya di panaskan terlebih dahulu sesaat sebelum disajikan kembali. nah, jika anda ingin yang fress namun tidak langsung disajikan, anda boleh ungkep atau digoreng terlebih dahulu ayamnya, nanti sebelum akan disajikan angsung dibuat sausnya.

Untuk satu porsi ayam goreng mentega biasanya dihargai sekitar Rp 25.000,- hingga Rp 50.000,-. harga bervariatif ya, mungkin tergantung dengan isian ayam goreng mentega itu sendiri serta tempat dimana anda beli. nah, bagi anda yang suka sekali sama yang namanya ayam goreng mentega dan ingin mencoba membuatnya sendiri langsung dari dapur tercinta. Resep Ayam Goreng Mentega ala resephariini.com ini wajib untuk dicoba.

Selain rasanya yang lezat ciamik, cara membuatnya pun sangat mudah dan praktis. bahkan bagi pemula yang tidak biasa di dapur sekalipun, pokoknya siapapun bisa membuat ayam goreng mentega ala resto yang enak dirumah. yasudah, yuk segera di simak Bahan-bahan dan Cara Membuat Ayam Goreng Mentega nya seperti dibawah ini. cekidot!!
Bahan-bahan Ayam Goreng Mentega :

  • Ayam 1 ekor (dipotong-potong)
  • Bawang putih 3 siung (haluskan)
  • Garam 1 sendok teh
  • Merica bubuk 1/2 sendok teh
  • Air secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya

Bahan Bumbu Ayam Goreng Mentega :

  • Bawang bombay 1 buah (iris memanjang)
  • Bawang putih 4 siung (memarkan dan cincang halus)
  • Margarin atau butter 6 sendok makan
  • Kecap manis 4-5 sendok makan
  • Saus tiram 4 sendok makan
  • Kecap inggris 2 sendok makan
  • Garam dan merica bubuk secukupnya

Cara Membuat Ayam Goreng Mentega Praktis :

  1. Langkah awal marinate potongan ayam dengan bawang putih halus, garam dan merica bubuk, lalu diamkan di dalam kulkas minimal 1 jam. atau bisa juga diungkep sebentar atau dimasak bersama air agar bumbu lebih meresap.
  2. Selanjutnya panaskan minyak lalu goreng ayam sebentar saja hingga berwarna kecoklatan, jangan sampai kering ya menggorengnya. angkat, tiriskan.
  3. Setelah itu panaskan margarin/butter, lalu tumis bawang bombay dan bawang putih hingga tercium aroma wangi sedap dan layu. kemudian masukkan kecap manis, saus tiram dan kecap inggris. aduk-aduk hingga rata kemudian koreksi rasa. silahkan tambahkan bila dirasa ada yang kurang. masukkan potongan ayam, aduk hingga ayam berbalut rata dengan saus. angkat, lalu segera sajikan selagi hangat.
  4. Bagaimana, mudah dan sederhana bukan proses pembuatan ayam goreng mentega nya? jika dilihat-lihat tampilan dari resep ayam saus mentega ini hampir mirip dengan resep ayam kecap ya? cuma bedanya untuk ayam goreng mentega ini lebih terasa gurihnya dibanding ayam kecap yang cenderung manis. oke deh, selamat mencoba dan berkreasi sendiri dengan Resep Ayam Goreng Mentega Praktis ini dirumah.
Sumber : resephariini