Resep Nastar Kinclong by Anne Rose...

Alhamdulillah... Ramadhan sebentar lagi jadi saya coba belajar bikin "Nastar Kinclong" nya a la Mbak Fah Umi Yasmin... Tarraaa... Inilah hasilnya...
Saya hanya bikin 1/2 Resep saja... Resep Asli dari Ibu Fatmah Bahalwan dan telah dimodifikasi oleh Mbak Fah Umi Yasmin...

Dari Resep Asli saya hanya menambahkan 50 gr Keju Cheddar Parut, agar sensasi gurihnya lebih terasa dan saya menggunakan perbandingan Butter Wijsman yang lebih banyak ketimbang Margarine... Juga Tepung Terigu nya saya sangrai sebentar terlebih dahulu agar nantinya Nastar tersebut dapat bertahan lama dan tidak cepat bulukan... Hehehe...
Terima kasih atas Resep dan Tipsnya ya, Mbak Fah Umi Yasmin...
Nastar Kinclong by Anne Rose
Original Recipe : Fatmah Bahalwan
Modified by Fah Umi Yasmin
Bahan Kulit :

  • 250 gr Margarine​ { 300 gr }
  • 250 gr Butter { 200 gr }
  • 100 gr Gula Halus
  • 4 butir Kuning Telur
  • 700 gr Tepung Terigu
  • 4 sdm Susu Bubuk Full Cream
  • 50 gr Keju Cheddar Parut (tambahan dari saya)

Bahan Olesan (ini versi Ibu Fatmah Bahalwan) :

  • 3 butir Kuning Telur, kocok lepas dengan 1 sdt Susu Cair

Cara membuatnya :

  1. Kocok sebentar Margarine dan Butter, Gula dan Telur hingga tercampur saja
  2. Masukan Tepung Terigu, Susu Bubuk dan Keju Cheddar Parut, aduk perlahan hingga tercampur rata
  3. Ambil sedikit Adonan, bentuk Bulat, isi dengan Selai Nenas. Susun di Loyang tipis, beri jarak satu dengan yang lain
  4. Oven dengan suhu 140 derajat Celcius selama lebih kurang 30 menit { saya 125 derajat Celcius }
  5. Keluarkan dari Oven, poles dengan bahan Olesan, Oven lagi hingga kuning mengkilat
  6. Angkat, biarkan dingin. Susun dalam Toples dan tutup rapat
  7. Selai Nenas 

Bahan :

  • 4 buah Nenas Palembang, parut atau blender (Nenasnya saya parut)
  • 200 gr Gula Pasir
  • 1 sdt Garam
  • 1 potong Kayu Manis 
  • 3 buah Cengkeh (tambahan dari saya)

Cara membuatnya :

  • Masak Nenas halus bersama Airnya, Garam, Kayu Manis dan Cengkeh hingga kering
  • Tuang Gula Pasir, masak terus dengan Api kecil hingga kering dan liat kemudian Angkat

Tips Kinclong Mulus tanpa Retak
by Fah Umi Yasmin
Perbandingan nya :
- 1 butir kuning Telur yang kuningnya berwarna Orange, sebab ada yang Kuning kalau di Arab, ada 2 macam
- 1 sdm Minyak Goreng (saya pakai Minyak Sayur)
- 1 sdt Susu Kental Manis
(Aduk rata semua)
Untuk Nastar usahakan sudah benar-benar matang, dinginkan sampai benar-benar dingin, oles sampai 3 kali, biarkan kena angin
Panaskan Oven dengan suhu 100 derajat Celcius selama 5 menit pakai Api Bawah, masukkan Nastar yang sudah dioles selama 2 - 5 menit saja dan biarkan di Oven hingga Oven dingin
Hasilnya Kuning Telur tidak retak

Note :
Ovennya cuma sekali saja, oles 1 Loyang sampai habis, oles lagi sampai habis, oles lagi ke 3 kali nya, baru didiamkan dulu, baru di Oven, bukan oles Oven, oles Oven, takutnya nanti retak