Resep bakso bantingan

Terima kasih mbak fah umi yasmin, resep bakso bantingan nya cocok, kenyal..saya suka
Bakso bantingan

Resep : fah umi yasmin
Recook by: liza febri
Bahan:

  • 500gram daging ayam giling tanpa tulang dan kulit( saya tadi campuran antara ayam+daging sapi,total timbang gabungan keduanya cuma 370gram karena cuma adanya segitu, saya blender dalam keadaan beku)
  • 100gram tepung kanji( saya kisaran 80 gram)
  • 4 siung bawang putih geprek
  • 50 ml putih telur yang kental( saya tadi 60 ml karena males ngurangi)
  • 50 ml air es atau jadiin es( saya ukur tadi kalo es blok kisaran 3 blok)
  • 1/2 sendok teh merica bubuk
  • 1/2 sendok teh gula pasir
  • 1/2 sendok teh kaldu bubuk
  • 2sendok teh garam

note :Saya tambahin 1/2 sendok teh baking soda.bisa di skip jika tidak suka, karena di resep asli tidak ada
Caranya membuat:

  1. Ayam+ putih telur+ es batu/air es+ bawang putih di blender jadi satu menggunakan food procesor/ blender sampe halus, 
  2. Campur ayam yg sudah halus dengan garam, gula, kaldu bubuk, merica,dan baking soda, lalu aduk rata..
  3. Masukkan tepung kanji, uleni pake tangan sampe tercampur rata, banting adonan sampe 25 kali, tes rebus, jika kurang kenyal tambah bantingan 5 kali( saya tadi sangking semangat sampe 100 kali)
  4. Bentuk bulatan bakso, caranya genggam adonan, nanti adonan keluar dari lubang jari jempol dan telunjuk, 
  5. didihkan air, kecilkan api kl sudah mendidih, masukkan bulatan adonan ke dalam air rebusan dengan menggunakan sendok, rebus sampe terapung, tiriskan..

NOTE:
Cara banting itu kumpulkan adonan ditangan, bantingin ke mangkuk/ atau baskom yang kenceng, kalo tidak ngerti banting pake emosi hihihi
SELAMAT MENCOBA😍