Resep Kue Sus

Kue Sus
Bukan cuma fotonya yang cantik, rasanya hem, enak sekali, makan 3 tidak akan cukup, modalin susu kotak ya untuk vlanya biar makin mantep rasanya.

Resep sudah sering saya share & yang praktekin pada suka, karena memang enak sekali.
Resep : Novita wahyuningtyas

By : Fah Umi Yasmin

Resep Kulit :

Bahan :


  • 100 gr margarin
  • 250 ml air
  • 1 sdt garam { saya 1/4 sdt }
  • 130 gr terigu cakra atau protein tinggi
  • 3 butir telur


Cara Membuat :


  1. - Didihkan margarin, air dan garam. Masukkan tepung, aduk cepat sampai rata dan kalis. Tunggu hingga agak dingin.
  2. - Panaskan oven 200°c. Masukkan telur satu persatu ke adonan, sambil terus dimixer hingga rata dan halus.
  3. - Masukkan ke plastik segitiga, beri spuit bintang .
  4. - Semprotkan ke loyang kue kering yang sudah diolesi margarin / spuitkan ke cetakan pie
  5. - Oven selama 50 menit atau sampai sus cukup kokoh tidak ada busa yang keluar lagi. Saya cuma 39 menit sus sudah kokoh, pake api atas bawah 7 menit, selanjutnya api bawah.
  6. - Angkat,dinginkan.


Bahan Vla :


  • 2 btr kuning telur, boleh pakai 1 / boleh skip kalau mau vla putih
  • 50 gr tepung Maizena
  • 500 ml susu cair
  • 75 gr gula pasir { saya 80gr }
  • 1/2 sdt garam tambahan dari saya
  • 2 sdt bluband tambahan dari saya


Cara Membuat :

- Cairkan tepung maizena dengan sebagian susu, kocok lepas kuning telur, satukan. Sisihkan
- Didihkan susu dan gula pasir, garam, bluband sambil diaduk hingga gula larut. Tuang larutan tepung maizena, aduk cepat dan rata. Angkat.

Setelah hangat kuku / dingin lebih bagus kalo disemprotkan, jadi bentuk.