Cara Membuat Karipap Pusing. Renyah yamyamm

Gara-gara lihat postingan di facebook tentang curry puff atau lebih dikenal karipap pusing kata orang malaysia, saya juga tertarik untuk membuatnya. Ternyata buatnya tidak serumit yang saya bayangkan. Untuk isian memakai resep saya sendiri sedangkan untuk Resep kulitnya saya adaptasi dari resep karipap punya mas cotek. Diresep asli memakai ukuran cawan, lalu saya konversi ke gram agar lebih mudah jika nanti membuatnya lagi. Dan saya membuat 2x dari resep aslinya, dan yg saya tulis ini dua kali dari resep asli ya.

Bahan-bahan
Bahan isi:

  • 2 buah wortel, kupas potong dadu kecil, rebus
  • 1 buah kentang, kupas, potong dadu kecil, rebus
  • 1 buah dada ayam, rebus cincang kasar
  • 2 buah daun bawang, cuci iris halus
  • 1 sdm margarin untuk menumis

Bumbu:

  • 1/2 buah bawang bombai, cincang halus
  • 4 siung bawang putih, cincang halus
  • 1 sdt bubuk kari
  • 1 sdt merica bubuk
  • Secukupnya gula dan garam

Bahan dough:

  • #dough minyak
  • 650 gram tepung terigu
  • 100 ml minyak
  • 1/2 sdt garam
  • 300 ml air
  • #dough margarin
  • 300 gram tepung terigu
  • 4 sdm mentega putih
  • 250 gram margarin

Langkah

  1. Siapakan semua bahan. Timbang bahan-bahan. Buat bahan isian (lupa di foto step by stepnya). Tumis bawang putih, bawang bombai dan bawang merah sampai harum. Masukkan ayam rebus cincang, wortel, kentang dan daun bawang. Aduk rata, beri sedikit air. Tambahkan gula, garam, bubuk kari dan merica. Aduk rata tunggu sampai airnya habis. Angkat. Sisihkan.
  2. Siapkan mangkok besar buat dough minyak : masukkan tepung terigu, garam, minyak dan air. Uleni adonan hingga kalis
  3. Buat dough margarin: masukkan tepung terigu ke dalam mangkok tambahkan margarin dan mentega putih. Uleni hingga kalis
  4. Dengan jumlah yang sama Buat bulatan seberat 100 gram untuk dough minyak dan 50 gram untuk dough margarin. Punya saya jadi 11 dough minyak dan 11 dough margarin.
  5. Ambil bulatan dough minyak lalu gilas dengan roling pin lalu isi dengan bulatan dough margarin, lalu bulatkan seperti di dalam gambar. Diamkan 5 menit
  6. Gilas adonan dengan roling pin (pelan2 saja agar tidak pecah) lalu oles dengan sedikit air, gunannya sebagai perekat
  7. Lalu gulung adonan, buat posisi vertikal lalu gilas lagi dengan roling pin.
  8. Gulung adonan lalu potong-potong. Ps: pertama kali saya potong jadi 6 buah ternyata terlalu tipis. Lalu adonan yang lain saya jadikan 5 buah
  9. Jadinya akan seperti ini (gambar1) Lalu tipiskan dengan roling pin, beri isian, lipat lalu pilin2 ujungnya
  10. Goreng diminyak panas api sedang, sampai kekuningan angkat tiriskan dan sajikan. Ps: resep di atas jadi 56 buah karipap pusing.
Sumber : cookpad