Resep Toddler friendly chocolate pancake no baking powder

anak saya suka sekali pancake, ini variasi rasa cokelat biar gak bosen, resep ini awalnya ngarang sesuai bahan yang ada dirumah, sengaja tidak pakai baking powder agar aman buat anak2, kalau lagi bikin buat papanya suka saya tambahkan 1sdt baking powder supaya fluffy.
saya pakai susu uht namun jika sedang tidak tersedia bisa cairkan susu bubuk.

butter pakai merk anchor atau elle&vire karena wanginya enak. kalau kehabisan butter saya pakai margarin blueband.
hasilnya 15 lembar mini pancake kalau menggunakan 1 tuang sendok sayur, si bocah biasanya hanya habis 3 lembar sisanya dimakan mama papanya ๐Ÿ˜
Bahan-bahan

  • 10 sdm tepung terigu
  • 200 ml susu cair
  • 4 sdm gula (atau lebih sesuai selera)
  • 4 sdm cocoa powder
  • 1 butir telur
  • 1 sdm butter lelehkan

Langkah

  1. Aduk terigu dan cocoa powder sampai tercampur rata, sementara itu di panci anti lengket cairkan butter
  2. Kocok telur dan gula di wadah terpisah sampai lepas, tambahkan susu cair
  3. Tuang adonan susu telur gula ke dalam wadah tepung terigu dan cocoa powder, aduk dengan whisk sampai rata, jika sudah rata tuang mentega cair. kocok sampai berbuih.
  4. Panaskan panci anti lengket dg api kecil. menggunakan sendok sayur tuang adonan ke atas panci, tak perlu oles mentega lagi krn sudah ada di adonan. Silakan test rasa pancake pertama, jika dirasa kurang manis bisa tambah gula pada adonan. Ulangi kocok dengan whisk setiap akan menuang adonan.
  5. Balik pancake jika sudah berlubang dan matang merata. angkat, tumpuk di piring, sajikan dengan susu kental manis coklat dan potongan butter di atas.
Sumber : cookpad